Jumat, 05 Maret 2010

Antara OASIS dan Biosis

Rasanya mencari hubungan antara OASIS dengan Biosis adalah sama halnya seperti mencari hubungan antara asetilkolinastre dengan asteraceae, atau mencari hubungan kekerabatan antara cicak dengan becak. Seperti tidak ada hubungan padahal sebenarnya kalau disambung-sambungin dengan memaksa, ya ada juga kaitannya.

OASIS adalah rangkaian pembinaan keislaman untuk kader muda Gamais, yang secara tidak langsung merupakan sarana pembinaan juga bagi para panitianya. Adapun biosis (biosistematika) merupakan mata kuliah (pembinaan keilmuan) untuk para mahasiswa biologi tingkat II (atau tingkat III) yang juga menjadi wadah pembinaan untuk para asistennya.

OASIS, sesuai dengan namanya (Olah Ukhuwah Keluarga Mahasiswa Islam) memang tali yang dirancang untuk mengeratkan ikatan ukhuwah para kader Gamais. Biosis adalah mata kuliah yang bisa mewujudkan kekompakan satu angkatan dan memperkuat suasana kerja sama tim. Soalnya dalam praktikum memang dibagi menjadi kelompok kecil beranggotakan rata-rata lima orang yang harus bekerja dalam satu meja selama satu semester.

OASIS adalah proyek besar yang harus dijalankan sesempurna mungkin. Proyek “Unta Merah” gitu loh. Biosis juga merupakan tugas besar dalam semester ini yang mesti diselesaikan sebaik mungkin, mengingat porsi sks yang cukup besar yaitu 4 sks.

Puncak pembinaan OASIS adalah pelantikan Kader Muda sedangkan puncak praktikum biosis adalah kuliah lapangan besar. Keduanya sama-sama dilaksanakan di luar kampus dengan begitu banyak hal yang harus dipersiapkan. Terus pas akhirnya, harus bikin laporan deh -_-

Untuk menjalankan program OASIS, ide saja tidak cukup. Ukhuwah dan ruhiyah panitia mutlak penting. Pun dalam menikmati biosis, ide dan konsep yang dipelajari di kelas tidaklah cukup. Ukhuwah perlu, kalau ruhiyah sih memang diperlukan dalam setiap pekerjaan. Tugas kelompok bisa-bisa tidak selesai kalau koordinasi berantakan.
Baik di OASIS maupun biosis, sama-sama diperlukan profesionalitas. Masing-masing anggota tim harus menyelesaikan tugasnya dengan baik, kecuali ada pengalihan tugas yang dilaksanakan secara jelas.

Di OASIS, kita mendapatkan banyak hikmah dari rangkaian acara. Dari biosis juga bisa didapat banyak hikmah kalau jeli, terutama pembelajaran dari alam. Di OASIS kita mendapat banyak adik dan kakak, pun di biosis kita mendapat banyak kakak dan ibu bapak (asisten dan dosen maksudnya).

Kesimpulannya adalah OASIS maupun biosis, amanah di organisasi ataupun amanah kuliah, sama-sama bernilai da’wah. Jadikan keduanya melesat bersama-sama, tidak ada yang tertinggal atau ditinggalkan. Jadikan keduanya saling mendukung, menjadi dua kaki yang saling mengokohkan, bukan menjatuhkan.

Jika para mujahid ITB adalah orang-orang yang mampu bersinar baik di Ganesha 7 maupun di Ganesha 10, tidak hanya cakap di Koridor timur tapi juga berjaya di GKU timur. Ini bukan tuntutan kok (tapi paksaan. Lho??) melainkan amunisi biar selalu semangat. …Karena semua kader dikaruniai kemampuan yang brilian! Percaya deh!

Biarpun IP bukan segalanya, tapi segalanya mungkin berawal dari IP. Sepakat?
So, berapa target IPK semester ini?????

Sukabumi, 16 Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar